Pages

Tuesday, May 31, 2011

ERA BARU PERIMBANGAN KEKUATAN DI TIMUR TENGAH


Tulisan ini dimulai dengan mengutip salah satu pernyataan salah seorang ahli kebijakan luar negeri Amerika, Richard Haass mengenai masa depan dan eksistensi hegemoni Amerika Serikat di Timur Tengah. Hasss dalam salah satu kesempatan menyatakan, “Era Amerika di Timur Tengah… telah berakhir.”1 Penilaiannya yang kontroversial – yang sudah pasti ditolak oleh Presiden George W. Bush – ini dapat ditemukan dalam paragraf pertama artikelnya di edisi November-Desember Foreign Affairs, jurnal bergengsi Dewan Hubungan Luar Negeri yang bermarkas di New York, dengan Haass sebagai Presidennya. 
Haass berpendapat bahwa dalam sejarah terakhir Timur Tengah, supremasi Amerika dapat dilihat sebagai periode keempat dominasi oleh pihak asing. Periode pertama adalah kendali Ottoman hingga Perang Dunia Pertama, kemudian kekuasaan penjajahan Inggris dan Perancis di antara dua Perang Dunia, kemudian diikuti oleh Perang Dingin, yang di dalamnya Moskow dan Washington bersaing mencari pengaruh dan membagi wilayah tersebut di antara mereka. Kejatuhan Uni Soviet sekitar 16 tahun lalu membawa ke dalam sebuah periode ketika Amerika berkuasa sepenuhnya, menikmati apa yang Haass sebut sebagai "pengaruh dan kesewenang-wenangan yang tak pernah dikecap sebelumnya". Tetapi sekarang, menurut Haass era ini juga sedang menuju akhirnya, dan mungkin memang telah berakhir. Ia meramalkan bahwa wilayah tersebut akan memasuki sebuah fase di mana "para aktor luar tidak memiliki dampak berarti dan kekuatan lokal berada di atas angin."
Benarkah Amerika Serikat telah menuj akhirnya dalam mencengkeram Timur Tengah? Ataukah ia agak terburu-buru? Apakah kesimpulan tersebut secara tidak langsung dipengaruhi oleh kesalahan dalam penilaian, kekeliruan, dan kekacauan kebijakan luar negeri kepresidenan Bush? Dapatkah Amerika mengembalikan wewenangnya di bawah sebuah pemerintahan baru? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang cukup menarik dalam mengkaji dan mempelajari wilayah tersebut, apalagi dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan dengan ikut menjadi salah satu bagian atau aktor dalam percaturan kepentingan di negara-negara di kawasan tersebut.
Mungkin hal pertama yang harus dikatakan adalah bahwa, terlepas dari kegagalan-kegagalan yang terjadi belakangan ini, Amerika Serikat (AS) masih belum benar-benar memperoleh tantangan berarti di Timur Tengah dari sebuah kekuatan atau kelompok kekuatan asing lainnya. Perang Irak mungkin memenuhi segala persyaratan sebagai sebuah bencana besar, tetapi kekuatan lain mana yang mampu membelanjakan $500 miliar dolar dan menerjunkan pasukan tentara sebanyak 140.000 orang, selama waktu yang tak ditentukan, ke tempat yang jauhnya separuh dunia?2
Uni Eropa (UE), yang oleh banyak kalangan diharapkan berperan sebagai penyeimbang bagi AS, jelas telah gagal memaksakan sebuah kebijakan luar negeri dan pertahanan bersama. Para anggotanya berjalan sendiri-sendiri. Mereka terpencar dalam isu-isu utama seperti perang di Irak, konflik Arab-Israel, dan tentang bagaimana cara terbaik melawan ancaman militansi Islam. Dalam kasus Irak, Inggris memilih untuk memihak AS daripada Jerman dan Prancis yang pada kenyataannya adalah mitra-mitra Eropa utamanya, sehingga Uni Eropa pun terkesan pecah dan terbelah menjadi dua kubu.
Kemudian muncul negara lain yang dianggap mampu menciptakan situasi perimbangan kekuatan baru, yaitu China. Karena pertumbuhan ekonominya yang mengagumkan, Cina muncul sebagai penantang strategis bagi Amerika Serikat, khususnya di Asia Timur. China jelas merupakan pesaing yang hebat bagi Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa dalam pencarian bahan-bahan mentah di seluruh dunia. Pemerintah China telah membangun jalan-jalan hingga pedalaman Afrika -sekitar 500.000 warga Cina bekerja di sana, kebanyakan berada di lokasi-lokasi konstruksi. Begitupula halnya dengan apa yang dibutuhkannya di Timur Tengah, yaitu minyak bumi. China jelas akan menjadi saingan utama Amerika Serikat dalam menguasai distribusi minyak dari negara-negara penghasil minyak di Timur Tengah dengan kebutuhan konsumsi untuk industry dan kendaraan yang besar.
Tetapi kemitraan dan persekutuan ekonomi Cina masih belum diterjemahkan ke dalam bentuk kekuasaan kasat mata yang dapat ditampilkan AS lewat sarana armada samudera yang besar jumlahnya, jaringan global pangkalan-pangkalan militer, dan supremasi teknologinya.
Bagaimana dengan Rusia? Negara pecahan Uni Soviet yang kemudian mangklaim dirinya sebagai satu-satunya negara yang berhak untuk menjadi pewaris sah kejayaan Uni Soviet di masa lalu. Dengan kondisi perekonomian Rusia telah membaik pada saat ini, dengan mengandalkan pendapatan dari minyak dan gas, tetapi masih sangat jauh untuk dapat memulihkan kembali pengaruhnya yang cukup besar di Timur Tengah sebagai pemasok persenjataan dan kekuatan pelindung utama beberapa negara Arab yang sebelum runtuhnya Uni Soviet menjadi sangat koar dalam menantang Amerika dalam perang terbuka.
Banyaknya kepentingan dan aktor-aktor asing tidak berarti tidak memberikan kesempatan bagi munculnya aktor-aktor lokal dalam meramaikan percaturan kepentingan di kawasan Timur Tengah. Mengenai para aktor lokal, yang Haass ramalkan akan "berada di atas angin", sulit untuk melihat siapa saja yang ia maksud. Semua pihak terlalu sering berseberangan satu sama lain, bangsa Arab bahkan lebih terpecah-belah dibanding Eropa. Kekayaan minyak mereka – sebagai aset utama– masih belum dimanfaatkan secara konsisten untuk tujuan politik apapun. Mereka menyadari sepenuhnya bahwa minyak dapat menjadi kekuatan politik dalam menggoyang hegemoni superpower di kawasan terebut. Akan tetapi, sebagian besar dari negara-negara tersebut pada kenyataannya lebih memilih untuk memanfaatkan kekayaan minyak mereka hanya untuk kepentingan ekonomi saja dengan menjualnya kepada negara-negara industri di Eropa dan Amerika. Korporasi-korporasi dari negara-negara Eropa dan Amerika bahkan diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kekayaan tersebut dengan pemerintahnya hanya memperoleh pajak hasil pembagian keuntungan saja sebagai devisa negaranya.
Di sisi lain ada beberapa negara yang masih konsisten untuk tidak diintervensi oleh negara hegemon Amerika Serikat dengan berupaya untuk melakukan proteksi terhadap kepentingan negaranya di kawasan tersebut, seperti Iran dan Syiriah. Iran tentunya memberikan tantangan yang lebih serius terhadap kekuasaan Amerika, walaupun ambisinya tampak murni bersifat lokal dan defensif. Ia berusaha untuk memecahkan isolasi buatan AS.3 Ia ingin diakui sebagai sebuah kekuatan utama di Teluk, dan sebagai pelindung masyarakat Syi’ah di mana pun. Secara militer, ia berusaha mencari sarana untuk melawan atau menghalangi serangan atas dirinya–agar tak luluh lantak sebagaimana Irak – daripada menyerang pihak-pihak lain.
Selain aktor-aktor negara, adapula aktor-aktor non negara, seperti Hisbullah dan Hamas yang berperan dalam percaturan politik dan kepentingan di Timur Tengah. Hanya saja, mereka tidak atau belum memberikan tantangan yang memadai dalam bentuk apapun terhadap AS. Perselisihan mereka umumnya adalah dengan Israel, dengan sepak terjang Israel yang mencaplok wilayah Lebanon dan Palestina yang dibiarkan saja oleh Amerika Serikat. Ambisi mereka hanya terbatas pada masyarakat mereka sendiri. Jika keluhan-keluhan mereka yang absah diatasi, mereka mungkin saja akan berhenti menjadi sebuah ancaman bagi hegemonni dan eksistensi Amerika di Timur Tengah.
Belum Ada Penantang
Berdasarkan berbagia deskripsi di atas, dapat dikataka bahwa dalam waktu dekat AS belum akan menemui penantang serius, baik dari dalam maupun luar. Permasalahannya kemudian adalah dapatkah AS mengembalikan kekuasaannya? Tak diragukan lagi bahwa Amerika Serikat saat ini sangat tidak populer di dunia Arab dan Muslim, bahkan menjadi bahan celaan di berbagai tempat dengan kelompok-kelompok militan berniat untuk menyerang dan mengenyahkannya, tentu jika mereka sanggup.
 Mayoritas rakyat Arab memandang ke belakang penuh nostalgia ke masa kepemimpinan Presiden Eisenhower, yang mengakhiri agresi Inggris-Perancis-Israel di Suez pada 1956 dan kepemimpinan Jimmy Carter yang telah berusaha menyelesaikan konflik Arab-Israel, walaupun hanya separuh jalan, dengan mendorong perdamaian Mesir-Israel.
Untuk memperoleh kembali kepercayaan dan kredibilitasnya AS sepertinya harus memulai dari awal lagi  dengan mengakui segala dosa kesalahannya di Timur Tengah, yang tentunya tidak mungkin untuk sebuah negara superpower. Kesalahan terbesar AS selama 25 tahun terakhir adalah pemberian izin pada Israel untuk memperluas permukimannya di wilayah pendudukan Palestina. Tak ada hambatan lebih besar bagi penyelesaian damai konflik Arab-Israel dan integrasi Israel ke dalam wilayah tersebut daripada yang ditimbulkan hampir setengah juta pemukim Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Tekanan terus menerus atas bangsa Arab Palestina yang tersisa telah menciptakan gerakan militan Hamas dan membangkitkan rasa permusuhan terhadap AS di seluruh dunia Arab dan Muslim.
Kesalahan lain, yang dibuat pada masa kepresidenan Ronald Reagan, adalah membiarkan Israel menyerbu Lebanon pada 1982, dengan membunuh lebih dari 17.000 rakyat Lebanon dan Palestina. AS bahkan mencoba memberi penghargaan kepada Israel atas serbuannya dengan memaksa Lebanon menyelesaikan suatu upaya perdamaian terpisah yang menempatkannya di orbit Israel. Ketika upaya itu gagal, AS membiarkan Israel tetap menduduki Lebanon selatan selama 18 tahun, hingga tahun 2000, yang akhrinya memunculkan gerakan militan Hisbullah.
Kesalahan ketiga adalah kegagalan memperbaiki hubungan baik dengan Iran selama kurun waktu 27 tahun, sejak revolusi Islam Ayatollah Khomeini, dan tentu saja dukungan terhadap Irak dalam perang Irak-Iran (1980-88) Sebaliknya, karena marah akibat penangkapan dan penahanan para diplomatnya selama 444 hari sejak awal revolusi Iran, AS mebiarkan dirinya sendiri terjebak dalam sikap permusuhan yang tak kunjung kendur terhadap kekuatan regional utama– dan sekarang kesalahan itu dibayar dengan perlawanan Iran dalam isu nuklir.
Kesalahan keempat, yang paling besar, adalah reaksi Amerika yang tergesa-gesa dan berat sebelah akibat serangan teroris pada 11 September 2001. Perang melawan Irak, dilancarkan atas alasan-alasan palsu dan penuh kebohongan, telah terbukti merupakan kesalahan yang menghancurkan. Tindakan AS pada hakikatnya didorong oleh sebuah keinginan, yang tanpa berpikir panjang untuk memberi pelajaran kepada bangsa Arab tentang kekuatan militer Amerika; dan tentunya  dengan ambisi untuk mengendalikan sumber-sumber minyak Irak yang luas; dan juga –terutama dalam pemikiran para pejabat pro-Israel di pemerintah AS – dengan sebuah taruhan untuk memperbaiki lingkungan strategis Israel dengan mengancurkan sebuah negara Arab utama.
Perang– termasuk "Perang Global Melawan Teror", yang merupakan bagiannya – tak hanyan menyia-nyiakan sumber daya manusia dan material Amerika, ia juga telah menyebabkan kerusakan besar, yang mungkin tidak dapat diperbaiki kembali, bagi kedudukan moral Amerika.
Apa yang seharusnya dilakukan AS sekarang? Ia harus merebut kembali kemerdekaan kebijakan luar negerinya dengan membebaskan diri dari tekanan lobi dan kelompok kepentingan tertentu. Ia harus menghukum mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran-pelanggaran yang begitu menyolok mata, seperti penyiksaan. Ia seharusnya mengumumkan sebuah tanggal tertentu bagi penarikan mundur pasukannya dari Irak. Dan ia seharusnya melakukan segala usaha, tenaga, dan sumber daya, bagi pemecahan konflik Arab-Israel berdasarkan kesetaraan dan keadilan.

Catatan akhir
3) www.suaramerdeka internasional.com.
Tugas "kacau" lagi...
Waktu itu seharusnya kerja kelompok dengan 4biji anggota, tapi yg kerja akhirnya cuma 2 orang saja.
Alhasil, jadinya juga sangat minimalis..belum lagi berbagai kekurangannya yg mgkn akan kelihatan pas lagi dibaca..

No comments:

Post a Comment